Wednesday 3 December 2008

Artikel Kegiatan Ekonomi Bintaro Jaya


Kegiatan Ekonomi Di Bintaro Jaya

Tugas Mata Pelajaran Ekonomi

Dibuat oleh : M. Thariq Ziyad

Kelas : 7B SMP Labschool Kebayoran

 

U

ntuk membahas Kegiatan Ekonomi  di Bintaro Jaya, saya memperhatikan Peta daerah Bintaro dan mencari pola pemukiman disana. Ternyata, bila kita mau menuju ke suatu tempat, hanya ada satu atau dua rute menuju ke sana atau sebaliknya. Jalan utama pemukiman ini terdiri dari beberapa nama jalan, namun semuanya sambung-menyambung dalam satu lintasan, terutama dari sektor 3 ke sektor 9. Yaitu mulai dari Jalan RC Veteran sampai Jalan Jombang Raya. Jalan RC Veteran  adalah jalan yang menghubungkan antara Cileduk dan Ciputat serta merupakan jalur keluar dari Bintaro menuju kawasan Pondok Indah, Kebayoran Baru atau Tol Lingkar Luar Jakarta. Jalan Jombang Raya yang merupakan penghubung antara Jombang dan Cileduk merupakan jalur keluar dari kawasan Bintaro menuju BSD, Tangerang atau Jalan Tol Jakarta-Merak.

Lintasan Utama Bintaro terdiri dari Jalan Kesehatan Raya, Jalan Bintaro Utama 1, Jalan Bintaro Utama 3, Jalan Bintaro Utama 3A, Jalan Menteng Raya, Jalan MH Thamrin, Jalan Jend. Sudirman, dan Jalan Bintaro Utama 9. Jalan-jalan kelompok pemukinan di kawasan itu semua bermuara ke jalan utama ini. Memperhatikan pola pemukiman ini maka saya menyimpulkan bahwa pola pemukiman disana berbentuk linear.

 

 

Sebagai sebuah perumahan, sebagian besar penduduk disana berprofesi sebagai pegawai sibuk yang bekerja di tempat lain. Hal ini tercermin dari pola kegiatan dan sibuknya jalan utama kawasan ini pada saat jam sibuk pagi hari dimana sebagian besar kendaraan melintasi jalan utama ini menuju ke arah pusat kota Jakarta. Sebaliknya berlaku pada masa jam sibuk pulang kantor. Akibatnya, pola kegiatan penduduk dikawasan Bintaro Jaya ini pada hari kerja sangat terbatas waktunya yaitu di pagi hari dan dimalam hari.

 

Pola pemukiman dan pola kegiatan ini menimbulkan kegiatan ekonomi disepanjang jalan utama kawasan ini. Hal ini disebabkan penduduk di Bintaro cenderung mencari kebutuhan sehari-hari di toko yang gampang dicapai dan menjual perlengkapan sehari-hari. Sehingga muncullah pertokoan di sepanjang jalan utama Bintaro yang menjual perlengkapan sehari-hari dan/atau menyediakan jasa untuk keperluan sehari-hari. Contoh, restoran, tukang fotokopi, dan lain-lain.


No comments: