Wednesday 3 December 2008

Pengalaman Menarik



Pengalaman Menarik

Pengumuman Kelulusan

                Kejadian itu terjadi hari Senin, 23 juni 2008. Saat itu saya sudah mendapat  libur setelah UASBN. Di sekolah saya ada acara pengumuman kelulusan. Karena saya dan beberapa teman saya datang terlalu cepat, kami bermain-main dulu. Kebetulan, pada saat itu, saya membawa kamera. Maka saya potretlah teman-teman saya yang ‘membongkar’ kelas-kelas kosong yang tidak terkunci. Kamipun tertawa-tawa. Tak lama kemudian, terdengar panggilan dari arah masjid sekolah. Ternyata, pengumuman kelulusan  kami akan dibacakan di masjid itu. Suasanapun mulai menegang. Apalagi setelah beberapa acara pembuka, Guru kami yang menjadi MC mengatakan “terus terang, Bapak agak kecewa melihat nilai-nilai kalian. Di dalam map ini, sudah bapak hitung, dan ternyata jumlah amplopnya kurang dari jumlah murid disini.” Sayapun memperhatikan wajah teman-teman saya. Saya melihat, raut wajah teman-teman saya yang was-was. Saya sendiri sebetulnya tidak terlalu khawatir pada nilai-nilai saya, tapi, saya khawatir akan nilai teman akrab saya yang kurang pintar. Semua anak hampir menangis. Saat itu, Guru saya yang bertindak sebagai MC sudah meminta rekannya untuk menghitung dan mengecek ulang, apakah ada amplop yang terselip atau tertinggal di ruang guru. Setelah tiga kali bolak-balik, Guru saya yang tidak bertindak sebagai MC menyatakan bahwa tidak ada amplop yang terselip. Suasanapun makin dan makin dan makin dan semakin menegang. Tiba-tiba Guru saya yang bertindak sebagai MC memanggil beberapa orang teman saya. Teman-teman saya yang dipanggil itu disuruh untuk pergi ke ruang guru. Didalam ruang guru, mereka dinasihati seolah-olah mereka tidak lulus. Sedangkan yang tinggal ditempat mendapatkan amplop berisikan surat kelulusan masing-masing. Suasanapun mulai menyantai. Walaupun begitu, saya masih khawatir tentang kawan-kawan saya yang tadi dipanggil. Ternyata…………… mereka lulus juga!! Segera saja sebagian teman saya bersujud syukur. Kabar yang saya  dapat dari kakak alumni, setiap tahun, Guru-Guru  hanya berpura-pura bahwaaaa………. sebagian dari kami tidak lulus! Selain pengumuman kelulusan, hari itu keluar juga nilai UASBN kami.  Ketika kami melihat ketempat nilai itu dipajang, kamipun segera membuat kerumunan yang ramainya minta ampun, astaghfirullah deh.. Untungnya tidak ada “korban jiwa” akibat “sakit jantung”. Saya pun berhasil memotret suasana pengumuman dan daftar nilai hasil UASBN tersebut.

 

M Thariq Ziyad

Kelas 7B

Hari Rabu, 3 Desember 2008

Tugas: Susulan Bahasa Indonesia

No comments: